Surabaya, 21 Februari 2018

Kandungan Lokal Produk Infoglobal Capai 79%

Marketing Infoglobal
Produk Infoglobal tersertifikasi TKDN (image: LFT)

Infoglobal sebagai salah satu industri pertahanan yang memproduksi serta mengembangkan peralatan avionics, radar data processing, dan mission system pertahanan terus meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebagai upaya untuk memenuhi penggunaan komponen lokal dalam industri yang digalakkan oleh Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin). Hal ini dibuktikan dengan capaian kandungan lokal produk-produk Infoglobal yang mencapai 50% hingga 79%.

Menurut Heru Yudianto selaku Supervisor PPIC, kandungan lokal dalam produk Infoglobal terbilang tinggi. “5 produk yang diuji tingkat kandungan lokalnya, semuanya di atas 50%, bisa dikatakan tinggi bila dibandingkan dengan kandungan lokal industri pertahanan lain yang rata-rata di bawah 50%,” ujar Heru.

Adapun produk-produk Infoglobal yang diuji kandungan lokalnya ada 3 sistem dan 2 produk avionics.  3 sistem tersebut adalah Sistem Pengawasan Situasi Wilayah Darat Laut dan Udara, Sistem Weapon Control dan Tactical Mission System. Sistem TDAS yang memanfaatkan radar data processing untuk mengawasi situasi wilayah tiga matra, mencapai nilai kandungan lokal atau TKDN sebesar 79,77%. Sedangkan Sistem Weapon Control yang dibuat untuk mengontrol persenjataan pesawat tempur memperoleh nilai TKDN sebesar 66,53%. Serta Tactical Patrol Mision (TPM), Tactical Mission System Infoglobal yang dikembangkan untuk semua jenis pesawat angkut termasuk pesawat patrol maritim memperoleh nilai sebesar 59,05%.

Selain itu, dua produk avionics yang diuji kandungan lokalnya juga memperoleh nilai TKDN yang cukup tinggi. INFOGLOBAL EEI (Electronic Engine Indicator) yang berfungsi untuk menampilkan data engine pesawat memperoleh nilai sebesar 50,84%. Sedangkan INFOGLOBAL Flight Navigation Display yang berfungsi menampilakan data navigasi pesawat mendapatkan nilai 51,82%.

Lebih lanjut, Heru mengatakan bahwa tingginya kandungan lokal Infoglobal tidak lepas dari pemanfaatan sumber daya manusia (SDM) yang 100% menggunakan tenaga kerja dalam negeri untuk mengembangkan teknologi pertahanan. Selain itu, pemanfaatan bahan-bahan atau komponen lokal dalam pembuatan avionics juga ikut berperan dalam meningkatkan kandungan lokal Infoglobal. (lft)