Jakarta, 8 November 2022

Partisipasi Infoglobal Dalam Seminar Nasional Tantangan TNI AU Dalam Perkembangan Teknologi Elektronika Penerbangan

Marketing Infoglobal
Menhan RI Prabowo, saat mengunjungi booth Infoglobal di Seminar TNI AU (08/11)

Infoglobal berpartisipasi dalam acara Seminar Nasional “Pengembangan Teknologi Elektronika Penerbangan” yang digelar TNI AU di Puri Ardhya Garini Halim Perdanakusuma, Jakarta pada 8 November 2022. Acara ini dihadiri oleh Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto sebagai Keynote Speaker, dan Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Bersama dengan beberapa Industri Aerospace dunia, seperti Boeing dan Airbus, serta industri pertahanan Indonesia, Infoglobal menggelar booth di gedung yang sama. CEO Infoglobal Adi Sasongko memandu Menhan Prabowo untuk mengenalkan produk-produk avionik apa saja yang telah digunakan dalam memperkuat alutsista TNI AU. Di antaranya Mockup Kokpit Super Tucano (yang terdiri dari Color Integrated Multifunction Display /CIMD dan Basic Flight Instrument/BFI), Mockup Kokpit Hawk (yang terdiri dari MPCD dan RMU), Mockup Kokpit KT-1B (yang terdiri dari FND dan DEI), Mockup Kokpit C-130 Hercules (yang terdiri dari EFD-5.5 dan FMD-A13) serta beberapa LRU avionik seperti RCM, DVR, WCB, WPI, Camera System Pesawat Hawk, EFD-6.0,  IESD, Engine Data Display (EDD), dan Flight Recorder & Tracking (FRT).

Dalam seminar tersebut, Menhan RI mengatakan bahwa elektronik adalah salah satu bukti kemajuan peradaban. Beliau mengarahkan untuk memikirkan kembali paradigma tradisional tentang keunggulan udara dengan mengutamakan air denial serta memprioritaskan pembangunan kemitraan dengan pihak-pihak komersial dan industri swasta.

Menhan Prabowo menekankan pentingnya pengembangan industri pertahanan dalam negeri, karena tidak bisa seterusnya mengandalkan produksi luar negeri. “Saya sangat apresiasi karena bisa memunculkan pemikiran teknik-teknik untuk mempercepat ketertinggalan kita. Kita akan kejar sekaligus pacu kemampuan membuat dan memproduksi pesawat sendiri”, ujar Menhan Prabowo Subianto.

Agenda ini juga dihadiri oleh Komisi I DPR/RI Pitut Pramuji, Gubernur Lemhanas Andi Wijayanto, Dr. Ir. Hasto Kristiyanto., M.M., IPU dari Unhan RI, Sekjen Kemhan Marsekal Madya TNI Donny Ermawan Taufanto, Profesor Yosaphat Tetuko, Ph.D, dari Chiba University Japan dan Kepala Departemen Teknik Elektro, Universitas Sebelas Maret, Kadisinfolahtaau Marsekal Pertama TNI Teguh Dharmawan serta Direktur Utama PTDI Marsda TNI (Purn) Gita Amperiawan.